Rabu, 18 Mei 2016

Ubah Karakter

Ubah karakter bangsa Ubah karakter keluarga

Semua orang sejak dari dalam kandungan, butuh pendidikan. Pendidikan itu membuat manusia menjadi manusia. Dalam bahasa modernnya pendidikan itu memanusiakan manusia. Pendidikan ada 3 jenis yaitu :
1. Pendidikan formal,
Pendidikan formal yaitu pendidikan yang dilakukan di sekolah seperti TK/ PAUD, SD, SMP, SMA/SMK. Pendidikan yang dilakukan terstruktur yang lengkap memiliki kurikulum dan menghasilkan ijazah
2. Pendidikan informal, dan 
Pendidikan informal adalah pendidikan di lingkungan (keluarga, masyarakat, dan diri sendiri). Hasilnya untuk membangun diri sendiri.
3. Non formal.
Pendidikan informal yaitu pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga keterampilan. Misalnya Kursus bahasa inggris, kursus menjahit, kursus mengemudi yang biasanya ditunjukkan dengan sertifikat.

Saat ini Indonesia sedang dalam proses untuk mengubah karakter bangsa. Usaha-usaha yang dilakukan pemerintah dari dunia pendidikan formal. Namun setelah saya perhatikan, bahwa usaha ini tidaklah salah, namun kurang efisien. Alasannya karena untuk mengubah karakternya bangsa harus dimulai dari pendidikan informal. Pendidikan dalam keluarga. Pada dasarnya, seorang anak dimulai dalam keluarga. Seperti pendapat Jhon Piaget mengenai TABULA RASA. Bahwa anak itu tumbuh dan berkembang oleh lingkungannya dimana anak itu tadinya di ibaratkan seperti kertas kosong dan akan dipenuhi dengan coret-coretan pengalaman. Dimana anak itu bertumbuh, maka  dengan sendirinya juga karakter anak akan seperti lingkungannya. Jadi agar karakter bangsa Indonesia ini dirubah, cara yang paling efisien menurut saya adalah mengubah karakter keluarga. Pemerintah harus bergerak cepat ke setiap keluarga.

Belajar dari negara Finlandia sebagai negara yang pendidikannya terbaik di dunia, dimana setiap keluarga ketika hendak melahirkan sudah dibekali dengan buku-buku panduan dan sampai lahirnya seorang anak, pemerintahnya berperan aktif.

Akhir kata ubah karakter Bangsa Indonesia Ubah karakter Keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar